Perkembangan Hologram di Dunia

Perkembangan Hologram di Dunia - Halo sobat, pada kesempatan kali ini  kita akan membahas topik Perkembangan Hologram di Dunia, mulai dari sejarah perkembangan hologram hingga penerapan hologram saat ini, yuk kita simak artikelnya.

Apa itu Hologram ?


ilustrasi hologram - vidokun.com
ilustrasi hologram - sumber: google.com

Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik. Hologram bertindak sebagai gudang informasi optik. Informasi-informasi optik itu kemudian akan membentuk suatu gambar, pemandangan, atau adegan.

Ide hologram telah hadir sejak lama, kamu yang sempat mengikuti beberapa film terkenal seperti Star Wars pasti sudah tidak asing lagi dengan ini. Hingga awal abad 21 belum ada teknologi hologram yang benar-benar mirip seperti film.

Hologram merupakan jelmaan dari gudang informasi (information storage) yang mutakhir. Kelebihan hologram ialah ia mampu menyimpan informasi, yang di dalamnya memuat objek-objek 3 dimensi (3D). Tidak hanya objek-objek yang biasa terdapat di foto atau gambar pada umumnya. Hal itu disebabkan prinsip kerja hologram tidak sesederhana lensa fotografi. Hologram menggunakan prinsip-prinsip difraksi dan interferensi, yang merupakan bagian dari fenomena gelombang

Teknologi hologram merupakan salah satu teknologi hasil rekayasa optik. Teknologi ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak akhir tahun 1940 an oleh fisikawan Hungaria bernama Dennis Gabor. Dennis memperoleh nobel fisika tahun 1971 atas karyanya dalam penemuan dan pengembangan pada metode holografi. Dennis secara tidak sengaja menemukan teknik holografi ini dalam usaha penelitiannya mengenai pengembangan mikroskop elektron. Oleh karena itu, teknik holografi Dennis menggunakan sebuah metode yang dinamakan electron holography.

Hologram sudah ada sejak lama


hologram starwars - vidokun.com
hologram dalam film starwars - sumber: google.com

Teknologi hologram sendiri sesungguhnya sudah ada sejak pertengahan abad ke-20, namun pengembangannya menjadi semakin nyata sejak tahun 1962. Dilansir dari Livescience, adalah Yuri Denisyuk, di Uni Soviet, dan Emmett Leith dan Juris Upatnieks di University of Michigan yang menjadi motor utama pengembangan teknologi laser untuk merekam objek tiga dimensi pada 1962.

Pengembangan teknik holografi ini tidak berkembang sampai tahun 1962. Pada tahun tersebut, seorang ilmuwan Uni Soviet, Yuri Denisyuk, mengembangkan sebuah sistem laser yang dapat “merekam” objek secara tiga dimensi. Teknik holografi yang ditemukan Yuri dan tim diberi nama transmission hologram. Sinar laser dikenakan pada objek dan diteruskan ke lapisan hologram. Gambar rekonstruksi ditampilkan pada sisi lainnya dari lapisan hologram tersebut. Teknik holografi Yuri menggunakan campuran emulsi dari Perak–Halida sebagai medium perekaman.

Pada perkembangan selanjutnya, teknik transmission hologram mengalami kemajuan yaitu ditemukannya teknik holografi lain yang biasa disebut rainbow hologram. Rainbow hologram ditemukan oleh Dr. Stephen Benton dari MIT pada tahun 1968. Rainbow hologram ini biasa kita temukan dalam label-label yang bisa menjamin keaslian suatu produk. Rainbow hologram juga biasa digunakan untuk tujuan keamanan. Kelebihan rainbow hologram adalah dapat menghasilkan gambar rekonstruksi hanya dengan cahaya putih yang merupakan cahaya umum di sekitar kita.

Faktanya Ilmuwan dari Universitas Arizona telah mengembangkan sebuah teknologi di mana satu hari dapat digunakan untuk menyimpan data dalam jumlah besar dalam bentuk holografik. Menurut salah satu ilmuwan Nasser Peyghambarian, optik Hologram akan menawarkan aplikasi masa depan dalam pengobatan dan manufaktur serta dalam industri hiburan. Tim peneliti dari Universitas Arizona telah mengumumkan bahwa mereka berhasil mengembangkan gerakan tercepat hologram 3D.

Nasser Peyghambarian adalah salah satu ilmuan yang menemukan Teknologi 3D Hologram ini. Beliau mengatakan bahwa”Teknologi seperti komunikasi langsung dengan hologram tampaknya hanya ada di film. Dan kami adalah para ilmuwan mencoba untuk membawanya keluar ke dunia nyata, “

Penerapan Hologram saat ini 


Sebenarnya penerapan teknologi ini telah kita rasakan bersama, contohnya adalah ketika kita menonton film 3D di bioskop menggunakan kacamata 3D yang ditambahkan efek cahaya. Hanya saya kacamata ini Cuma memproyeksikan gambar dengan bantuan efek cahaya, contoh lainnya adalah produk dari google yaitu google hololens. Google hololens adalah sebuah kacamata AR yang memproyeksikan tampilan digital ada layar kaca mata dengan efek 3D sehingga terkesan tampilan tersebut berada pada ruang nyata.

Teknologi Hologram terkini sendiri juga tengah dikembangkan oleh sejumlah perusahaan teknologi raksasa dunia seperti Microsoft dan Google melalui Augmented Reality (AR). Microsoft sedang bereksperimen dengan hologram melalui alat AR-nya, HoloLens, yang versi duanya kini telah muncul.

hologram coachella - vidokun.com
hologram di festival music coachella 2012 - sumber: google.com

Teknik serupa pernah digunakan dalam festival musik Coachella pada 2012 ketika rapper AS Tupac Shakur yang meninggal pada 1996 ‘dihidupkan’ kembali ke atas panggung. Seperti dilaporkan oleh Gizmodo, istilah Pepper’s Ghost sendiri diambil dari nama peneliti optik pada pertengahan abad 19 bernama John Pepper.

Trik ini pada dasarnya memantulkan gambar pada kaca yang ditempatkan pada sudut tertentu sehingga gambar tampak berada di udara. Dengan demikian, jika gambar seseorang diproyeksikan pada kaca, maka akan tampak orang tersebut seolah-olah tengah berdiri, entah itu di atas panggung atau di dalam ruangan.

Kesimpulan 


Seiring berkembangnya jaman, Tak heran jika beberapa tahun lagi teknologi hologram akan mulai dipakai dalam kehidupan sehari – hari. Bukan hanya pada bidang teknologi saja, tapi juga pada bidang kedokteran, hiburan, dan bidang lainnya juga pasti akan terpengaruh. Di era perkembangan teknologi yang pesat ini, tinggal menunggu hari saja untuk merasakan teknologi tersebut.

Nah sobat, itulah artikel tentang Perkembangan Hologram di Dunia, semoga bermanfaat, jangan lupa share ya :).

sumber : facebook.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perkembangan Hologram di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel