Cyber Espionage

Cyber Espionage

 

 

MAKALAH

 

CYBER ESPIONAGE

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disusun Oleh :

 

Ketua   : Muhammad Fajar

(13180581)

Anggota : Hendro Mulyono

(13180569)

Ikram Suryavijaya R.

(13180199)

Muhammad Fauzi

(13180065)

Muhamad Iqbal

(13180859)

Alvido Rizki Kurnia Mukti

(13180170)

 

 

 

 

 

 

 

 

    Program Studi Teknologi Komputer

 

    Universitas Bina Sarana Informatika

                                                                    2020


KATA PENGANTAR

 

 

 

Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan kasih sayang-nya kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi besar Muhammad SAW, nabi akhir zaman teladan kita semua.

 

Etika Profesi Teknologi Informasi & Komunikasi adalah salah satu mata kuliah kami pada semester V selama menjalani kuliah di Universitas Bina Sarana Informatika. Mata kuliah ini begitu penting bagi kami terutama dalam hal pengenalan etika dan estetika dalam berinteraksi dengan segala hal yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi.

 

Makalah Cyber Espionage ini merupakan salah satu tugas atau syarat dalam memenuhi nilai Tugas pada mata kuliah Etika Profesi Teknologi Informasi & Komunikasi. Dengan terselesaikannya makalah ini kami mengucapkan terimakasih kepada segala pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungan, terutama sekali kepada :

 

1.      Orang tua kami tercinta yang telah mendukung langkah gerak kami menjalani kuliah.

 

2.      Dosen pengajar Mata Kuliah Etika Profesi Teknologi Informasi & Komunikasi yang telah memberikan dukungan semangat kepada kami dalam hal penyusunan makalah ini.

 

3.      Rekan-rekan seperjuangan kelas 13.5D.01 Jurusan Teknik Komputer di Universitas Bina Sarana Informatika yang selama ini telah bahu membahu saling menolong dan saling memberi dorongan semangat dalam berbagai hal.

 

Akhirnya, penyusun berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi siapa saja yang membacanya, menambah wawasan dan pengetahuan terutama dalam hal Cyber Espionage

 

Depok, 19 Desember 2020

 

 

 

 

Penyusun

 

 

i


 

DAFTAR ISI

 

.

 

 

KATA PENGANTAR ...................................................................................................

i

DAFTAR ISI .................................................................................................................

ii

BAB I PENDAHULUAN .............................................................................................

1

1.1

Latar Belakang Masalah ................................................................................

1

1.2

Rumusan Masalah .........................................................................................

1

1.3

Maksud dan Tujuan .......................................................................................

2

1.4

Metode Penelitian ..........................................................................................

2

1.5

Ruang Lingkup ..............................................................................................

2

BAB II LANDASAN TEORI ......................................................................................

3

2.1

Sejarah Cyber Espionage ..............................................................................

3

2.2

Definisi Cyber Espionage  .............................................................................

4

BAB III PEMBAHASAN ............................................................................................

5

3.1

Motif Cyber Espionage ..................................................................................

5

3.2

Penyebab Cyber Espionage ...........................................................................

5

3.3   Cara Mencegah Cyber Espioange ..................................................................

6

BAB IV PENUTUP ......................................................................................................

7

4.1

Kesimpulan ....................................................................................................

7

4.2

Saran ..............................................................................................................

7

DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................................

8

 


BAB I

PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi saat ini sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Revolusi Industri 4.0 menjadi titik awal dari kemajuan komputerisasi saat ini. Komputerisasi sudah menjadi kewajiban bagi setiap aspek kehidupan manusia. Bahkan di zaman teknologi seperti saat ini, komputer dan internet menjadi suatu instrumen penting yang tidak bisa dilepaskan dari setiap aspek kehidupan.

 

Dampak positif perkembangan teknologi dapat dirasakan oleh semua orang saat ini. Mulai dari kemudahan mendapatkan informasi, kemudahan berkomunikasi tanpa terhalang jarak dan waktu juga hingga kemudahan dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan yang rumit. Tetapi, diluar dampak positif tersebut tentunya ada dampak negatif sebagai konsekuensi daripada perkembangan teknologi. Banyak segi negatif yang bisa dirasakan dan yang akan dibahas di makalah ini adalah masalah cyber espionage. Cyber Espionage adalah salahsatu dari sekian banyak kejahatan cyber yang ada. Kejahatan virtual seperti hacking, carding, data forgery hingga cyber espionage marak terjadi di dunia maya saat ini. Untuk itu, perlu juga kehati-hatian, kewaspadaan dan etika dalam menggunakan teknologi informasi yang ada.

 

1.2. Rumusan Masalah

 

Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah :

1.      Apa itu Cyber Espionage?

2.      Seperti apa contoh kasus Cyber Espionage?

3.      Bagaimana tindakan pencegahan Cyber Espionage?

 


1.3. Maksud dan Tujuan

 

Maksud dari penulisan makalah ini adalah :

1.      Menambah pengetahuan tentang Cyber Espionage.

2.      Mengetahui studi kasus Cyber Espionage yang pernah terjadi.

 

Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah

1.      Untuk memenuhi nilai kelompok mata kuliah Etika Profesi Teknik Informasi dan Komunikasi pada semester 5 (lima) ini.

 

2.      Memberikan pemahaman kepada para pembaca mengenai Cyber Espionage.

 

1.4. Metode Penelitian

         Metode penelitian yang penulis gunakan dalam makalah ini adala mengemukakan permasalahan, mengumpulkan data dan penyajian data untuk menggambarkan karakteristik suatu keadaan atau objek penelitian serta mengambil suatu kesimpulan dari permasalahan yang telah dilakukan.

 

1.5. Ruang Lingkup

Ruang lingkup dalam pembahasan makalah ini adalah hanya mengenai Cyber Espionage.

 


BAB II

LANDASAN TEORI

 


2.1. Sejarah Cyber Espionage

Spionase berasal dari bahasa Perancis yakni espionnage yang merupakan suatu praktik untuk mengumpulkan informasi mengenai sebuah organisasi atau lembaga yang dianggap rahasia tanpa mendapatkan izin yang sah dari pemilik informasi tersebut.37 Sejarah mengenai spionase ini sendiri pun terdokumentasi dengan baik dimulai dari sejak jaman-jaman kekaisaran hingga jaman modern sekarang ini di berbagai belahan dunia. Salah satu cerita mengenai spionase berawal dari kisah Chandragupa Maurya seorang pendiri kekaisaran Maurya di India yang memanfatkan pembunuhan, mata-mata sebagai bagian dari upaya spionase dan agen rahasia yang dijelaskan secara gamblang pada Chanakya Arthasastra. Beranjak dari kisah tersebut, pada saat perang dingin berlangsung, kegiatan spionase telah dilakukan oleh Amerika Serikat, Uni Soviet, dan People’s Republic of China dan sekutu mereka khususnya yang berkaiatan dengan aktivitas kepemilikan senjata nuklir rahasia.

Perkembangan spionase, yang awalnya hanya digunakan atau dianggap sebagai upaya institusional dengan cara memata-matai musuh potensial atau aktual, terutama untuk tujuan militer, kini telah berkembang untuk memata-matai perusahaan, yang kini dikenal secara spesifik sebagai Spionase Industri.

Perkembangan teknologi informasi, merupakan salah satu faktor penting yang dapat menimbulkan kejahatan, sedangkan kejahatan itu sendiri telah ada dan muncul sejak permulaan jaman sampai dengan sekarang danmasa yang akan datang. Bentuk-bentuk kejahatan pun semakin hari, semakin bervariasi. Dengan memanfaatkan teknologi informasi sebuah kejahatan berkembang menjadi jenis tindak pidana yang baru walaupun yang membedakan adalah media dan sasaran dari kejahatan itu sendiri. Kejahatan itu dinamakan Cybercrime atau tindak pidana siber. Cyber crime ini muncul seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat. Salah satu jenis cyber crime adalah Cyber Espionage. Cyber Espionage adalah perkembangan dari spionase yang memanfaatkan teknologi informasi berupa internet sebagai medianya.

2.2. Definisi Cyber Espionage

Cyber Espionage terdiri dari kata Cyber dan Espionage. Cyber diartikan sebagai dunia maya atau internet sedangkan Espionage adalah tindak pidana mata-mata atau spionase, dengan kata lain cyber espionage adalah tindak pidana mata-mata terhadap suatu data elektronik atau kejahatan yang memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain, dengan memasuki sistem jaringan komputer.

Internet sendiri adalah kependekan dari interconnected networking yang merupakan rangkaian komputer yang terhubung dalam beberapa rangkaian. Selanjutnya dalam arti luas adalah sistem komputer umum yang terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protocol pertukaran paket (packet switching communication protocol).

Tindakan cyber espionage atas data dan/atau informasi elektronik oleh beberapa pakar telematika digolongkan menjadi 2 (dua) yakni :

1.      Cyber espionage sebagai tindak kejahatan murni

Cyber espionage sebagai tindak kejahatan murni adalah tindakan mata-mata yang dilakukan dengan tujuan untuk memanfaatkan data atau informasi tersebut untuk tindak kriminal, misalnya memanfaatkan data atau informasi yang didapat kemudian mengolahnya sehingga dapat digunakan untuk mencuri data, sabotase, memalsukan data dll.

 

2.      Cyber espionage sebagai tindak kejahatan abu-abu

Sedangkan Cyber Espionage sebagai tindak kejahatan abu-abu adalah tindakan mata-mata yang dilakukan hanya untuk memperoleh kesenangan bagi pelaku yang dikarenakan kepuasan telah dapat mengakses computer


BAB III

PEMBAHASAN


3.1 Motif Cyber Espionage

Kejahatan Cyber Espionage biasanya ditujukan terhadap saingan-saingan bisnis yang memiliki data penting berupa dokumen maupun data-data penting yang tersimpan dalam suatu sistem yang Computerized

3.2 Penyebab Cyber Espionage

Adapun beberapa faktor-faktor pendorong penyebab terjadinya Cyber Espionage adalah sebagai berikut :

1.      Faktor Politik

Faktor ini biasanya dilakukan oleh oknum-oknum tertentu untuk mencari informasi tentang lawan

2.      Faktor Ekonomi

Karena latar belakang ekonomi, orang bisa melakukan apa saja, apalagi dengan kecanggihan dunia cyber kejahatan semakin mudah dilakukan dengan modal cukup dengan keahlian dibidang komputer saja.

3.      Faktor Sosial Budaya

Adapun beberapa aspek untuk Faktor Sosial Budaya

a.       Kemajuan Teknologi Informasi

Karena teknologi sekarang semakin canggih dan seiring itu pun mendorong rasa ingin tahu para pecinta teknologi dan mendorong mereka melakukan eksperimen.

b.      Sumber Daya Manusia

Banyak sumber daya manusia yang memiliki potensi dalam bidang IT yang tidak dioptimalkan sehingga mereka melakukan kejahatan cyber.

c.       Komunitas

Untuk membuktikan mereka dan ingin dilihat orang atau dibilang hebat dan akhirnya tanpa sadar mereka telah melanggar peraturan ITE.


3.3 Cara Mencegah Cyber Espionage

Adapun cara mencegah kejahatan Cyber Espionage sebagai berikut :

1.      Perlu adanya Cyber Law, yakni hukum yang khusus menangani kejahatan-kejahatan yang terjadi di internet, karena kejahatan ini berbeda dari kejahatan konvesional.

2.      Perlunya sosialisasi yang lebih intensif kepada masyarakat yang bisa dilakukan oleh lembaga-lembaga khusus.

3.      Penyedia web-web yang menyimpan data-data penting diharapkan menggunakan enkripsi untuk meningkatkan keamanan

4.      Para pengguna juga diharapkan untuk lebih waspada dan teliti sebelum memasukkan data-datanya di Internet, meningat kejahatan ini sering terjadi karena kurangnya ketelitian pengguna.


BAB IV

PENUTUP

Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :


4.1 Kesimpulan

 

a.       Cyber Espionage adalah tindak pidana mata-mata terhadap suatu data elektronik yang menggunakan media jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain dengan memasuki jaringan komputer

b.      Cyber Espionage sangat berbahaya apabila dibiarkan, untuk itu harap berhati-hati dalam menyimpan data di Internet.

c.       Motif dari Cyber Espionage biasanya adalah saingan bisnis atau lawan politik

 

4.2 Saran

 

a.       Dalam menyimpan data di Internet kita harus lebih berhati-hati dan lebih memperhatikan keamanan data.

b.      Perlunya sosialisasi lebih mendalam dari pihak yang berwenang untuk kejahatan Cyber Espionage


DAFTAR PUSTAKA

Agus Raharjo, Cybercryme Pemahaman dan Upaya Pencegahan Kejahatan Berteknologi, Citra Aditya Bakti, Bandung, 2002, h.29

 

Barda Nawawi A, Tindak Pidana Mayantara Perkembangan Kajian Cyber Crime di Indonesia, Rajawali Pers, Jakarta, 2005, h.173

 

Edmon Makarim, Kompilasi Hukum Telematika, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2004, h.207

 

Susan E. Gindin, Lost and Found in Cyberspace: Informational Privacy in the Age of the Internet, San Diego Law Review 1153 (1997)


Anda mungkin menyukai postingan ini